Unit Audit Internal

Pembentukan Unit audit Internal merupakan wujud komitmen Perseroan dalam mematuhi peraturan otoritas Jasa Keuangan Indonesia (dahulu Bapepam-LK) serta sejalan dengan usaha Perseroan untuk meningkatkan nilai tata kelola internal yang kuat dan memperbaiki operasional Perseroan.

Dengan pembentukan Unit Audit Internal pada MNC Investama, diharapkan unit ini dapat menjalankan peran pengawasan secara independen di Perseroan, terutama dalam hal memberikan keyakinan yang objektif untuk dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan operasional Perseroan.

Selain itu, tujuan pembentukan Unit Audit Internal adalah untuk mendukung pencapaian tujuan Perseroan dengan pendekatan sistematis untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas dari pengelolaan risiko, pengendalian, serta tata kelola Perseroan yang baik. Unit Audit Internal juga diharapkan mampu menjadi penasihat profesional bagi direksi dan katalisator bagi semua unit kerja maupun Perseroan secara keseluruhan.

Tugas dan Fungsi

Sesuai Piagam Audit Internal, lingkup tugas dan tanggung jawab Unit Audit Internal Perseroan ditetapkan sebagai berikut:

  1. Menyusun dan melaksanakan rencana Audit Internal Tahunan.
  2. Menguji dan mengevaluasi pelaksanaan pengendalian internal dan sistem manajemen risiko sesuai dengan kebijakan Perseroan.
  3. Melakukan pemeriksaan dan penilaian atas efisiensi dan efektivitas di bidang keuangan, akuntansi, operasional, sumber daya manusia, pemasaran, teknologi informasi, dan kegiatan lainnya.
  4. Memberikan saran perbaikan dan informasi yang obyektif tentang kegiatan yang diperiksa pada semua tingkat manajemen.
  5. Membuat laporan hasil audit dan menyampaikan laporan tersebut kepada Direktur Utama dan Dewan Komisaris.
  6. Memantau, menganalisis, dan melaporkan pelaksanaan tindak lanjut perbaikan yang telah disarankan.
  7. Bekerja sama dengan Komite Audit.
  8. Menyusun program untuk mengevaluasi mutu kegiatan audit internal yang dilakukannya.
  9. Melakukan pemeriksaan khusus apabila diperlukan.

Profil Ketua Unit Audit Internal

Erny, S.E.

Erny, S.E. diangkat sebagai Kepala Unit Audit Internal sejak tahun 2014 berdasarkan Surat Keputusan Direksi No. 055/DIR/MNCInv/II/2014 tentang Penunjukan dan Pengangkatan Kepala Unit Audit Internal PT MNC Investama Tbk. Pengangkatan Kepala Unit Audit Internal telah mendapat persetujuan Dewan Komisaris dan dilaporkan kepada OJK dan BEI.

Erny, S.E. adalah lulusan Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Atmajaya, Jakarta dan tercatat sebagai anggota dari Institute of Internal Auditors Indonesia (IIA Indonesia). Sebelum bergabung dengan Perseroan, pernah menjadi Kepala Divisi Quality Assurance Audit Internal PT Indosat Tbk (2010- 2013), Auditor pada Internal Audit Services (IAS) PricewaterhouseCoopers/PwC (2005-2010) dengan posisi terakhir sebagai Manajer, dan Staf Senior Internal Audit PT Asuransi Central Asia (2003-2005).

Telah mengikuti berbagai pelatihan dan konferensi untuk meningkatkan dan berbagi pengalaman dengan rekan-rekan seprofesi, antara lain ISO 31000 Risk Management Standard Fundamentals yang diselenggarakan Center for Risk Management Studies (CRMS) pada April 2011, International IIA Conference di Boston pada Juli 2012, Yellow Belt Six Sigma yang diselenggarakan SSCX pada September 2012, Seminar Nasional Audit Internal yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA) pada Maret 2013, Corporate Governance yang diselenggarakan oleh IICD pada Maret 2013, IIA Indonesia National Conference yang diselenggarakan oleh IIA Indonesia pada Agustus 2015, serta beberapa in-house training dengan topik Internal Audit yang diselenggarakan oleh PriceWaterhouseCoopers di mana Erny berpartisipasi sebagai peserta maupun pengajar.

Piagam Unit Audit Internal

Piagam Unit Audit Internal merupakan dokumen formal sebagai bentuk wujud komitmen dari Komisaris dan Direksi dalam usaha menciptakan kondisi pengawasan yang baik dalam perusahaan antara lain terciptanya efektivitas corporate governance, pengendalian intern, risk assessment dan pengelolahan perusahaan secara keseluruhan.

Selengkapnya:

DOWNLOAD PDF