Komite Audit

Komite Audit Perseroan merupakan suatu komite independen yang dibentuk oleh Dewan Komisaris dan bertanggung jawab kepada Dewan komisaris. Fungsi utama Komite Audit adalah untuk membantu Dewan Komisaris dalam menjalankan tanggung jawab pengawasan terhadap proses laporan keuangan, sistem pengendalian internal, proses audit, dan proses Perseroan untuk memonitor kepatuhan terhadap peraturan perundang– undangan, dan kode etik.

Komite Audit Perseroan terdiri dari tiga orang yang berasal dari Komisaris Independen dan pihak dari luar Perseroan. Komite Audit diketuai oleh Komisaris Independen. Masa tugas anggota Komite Audit tidak boleh lebih lama dari masa jabatan Dewan Komisaris sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar dan dapat dipilih kembali hanya untuk satu periode berikutnya.

Susunan keanggotaan Komite Audit Perseroan mengalami perombakan menyusul mundurnya Bapak Sony Widjaja dari posisi Anggota Komite Audit. Susunan Komite Audit di tahun 2016 adalah sebagai berikut:

Ketua        :  Kardinal Alamsyah Karim

Anggota   : 1. Darpito Pudyastungkoro

                     2. Fransiska Therik

Keputusan Dewan Komisaris Tentang Komite Audit download disini

 

Tugas dan Tanggung Jawab

Berdasarkan Piagam Komite Audit PT MNC Investama Tbk, tugas dan tanggung jawab Komite Audit Perseroan adalah sebagai berikut:

a. Laporan atau Informasi Keuangan

Melakukan penelaahan atas informasi keuangan Perseroan yang akan dikeluarkan Perseroan kepada publik dan/atau pihak otoritas antara lain laporan keuangan, proyeksi keuangan, dan laporan lainnya terkait dengan informasi keuangan Perseroan.

b. Audit Internal

Melakukan penelaahan atas pelaksanaan pemeriksaan oleh auditor internal dan mengawasi pelaksanaan tindak lanjut oleh manajemen/ Direksi atas temuan auditor internal.

c. Audit Eksternal

- Memberikan rekomendasi kepada Dewan Komisaris mengenai penunjukan auditor eksternal yang didasarkan pada independensi, ruang lingkup penugasan, dan fee.

- Memberikan pendapat independen dalam hal terjadi perbedaan pendapat antara manajemen dan auditor eksternal atas jasa yang diberikannya.

d. Manajemen Risiko dan Pengendalian Internal

Melakukan penelaahan terhadap aktivitas pelaksanaan manajemen risiko dan pengendalian internal yang dilakukan oleh manajemen/ Direksi.

e. Peraturan Perundang-Undangan

Melakukan penelaahan atas ketaatan Perseroan terhadap undang-undang dan peraturan yang berhubungan dengan kegiatan Perseroan.

f. Pengaduan

Menelaah pengaduan yang diterima Perseroan berkaitan dengan proses akuntansi dan pelaporan keuangan Perseroan.

g. Benturan Kepentingan

Menelaah dan memberikan saran kepada Dewan Komisaris terkait dengan adanya potensi benturan kepentingan Perseroan.

h. Kerahasiaan

Menjaga kerahasiaan dokumen, data dan informasi Perseroan.


Piagam Komite Audit download disini

Selengkapnya:

DOWNLOAD PDF