Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

 

PT MNC Investama Tbk (“Perseroan”) atau MNC Group mempunyai catatan panjang dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial termasuk tanggap bencana yang dilakukan secara konsisten dengan intensitas tinggi. Pada awalnya adalah program “RCTI Peduli” yang mencoba menggalang dana masyarakat pemirsa RCTI untuk disalurkan

ke seluruh pelosok Indonesia. Sasaran dari program ini adalah korban bencana alam dan bantuan untuk masyarakat miskin. Dana masyarakat yang terkumpul seluruhnya disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Sementara biaya transportasi, distribusi dan operasional lainnya ditanggung oleh Perseroan. 

Sejalan dengan pertumbuhan Perseroan, MNC Group ingin berbuat lebih banyak lagi untuk masyarakat Indonesia. Melalui program-program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) yang terus ditingkatkan kualitas dan cakupannya, Perseroan ingin mengambil peran penting dalam upaya pemberdayaan masyarakat, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, dan membuka akses bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar mereka mampu menjadi wisausahawan yang mandiri dan tangguh. 

Pada tanggal 1 September 2015, Perseroan mencanangkan gerakan yang disebut “MNC SPIRIT (Semangat Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Tangguh)”, sebagai payung dari kegiatan-kegiatan CSR Perseroan yang mempunyai satu visi besar: Meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. 

Kegiatan MNC SPIRIT difokuskan pada 3 pilar untuk kesejahteraan, yaitu pembangunan sarana dan prasarana; pemberdayaan petani, nelayan dan UMKM; serta kesehatan. Melalui MNC SPIRIT, Perseroan merancang program-program CSR yang berkualitas, tepat sasaran dan memberi manfaat berkelanjutan. Tentu saja kami tidak melupakan aktivitas yang sudah sejak lama kami lakukan; peduli pada masyarakat yang masih membutuhkan uluran tangan serta para korban bencana. 

Jauh sebelumnya, di tahun 2004 MNC Group telah mendirikan Yayasan Jalinan Kasih sebagai garda terdepan pelaksanaan program-program CSR Perseroan. Dengan keberadaan yayasan, kegiatan yang dilakukan dapat lebih terarah, dengan skala yang lebih besar, dan terintegrasi. Fokus Yayasan Jalinan Kasih adalah memberikan pelayanan di bidang kesehatan dan pendidikan kepada masyarakat miskin. Melalui Yayasan Jalinan Kasih, Perseroan ingin hadir untuk masyarakat yang belum bisa menikmati akses pendidikan dan kesehatan karena terkungkung dalam kemiskinan. 

Kegiatan CSR Tahun 2015 

Sepanjang tahun 2015, Perseroan melaksanakan kegiatan CSR yang meliputi bidang lingkungan hidup, ketenagakerjaan, keselamatan dan kesehatan kerja, pengembangan sosial kemasyarakatan, keagamaan, pendidikan, serta tanggung jawab kepada konsumen. Selain kegiatan CSR yang rutin dilakukan di tiap unit usaha Perseroan, kegiatan CSR Perseroan dilakukan bersinergi dengan entitas anak di bawah MNC Group. Dengan demikian, akan diperoleh manfaat dan dampak positif yang lebih besar dengan jangkauan lebih luas. 

Bidang Lingkungan Hidup 

Upaya kesadaran lingkungan atau biasa dikenal sebagai gerakan ‘Go Green’ telah menyebar dalam berbagai kegiatan di masyarakat. Go Green harus dimaknai sebagai kesadaran untuk menjaga keberlanjutan perilaku sadar lingkungan dalam setiap aspek kehidupan. Dalam aktivitas Go Green, ada nilai bisnis yang memberikan benefit bagi perusahaan melalui penurunan biaya operasional sebagai dampak dari efisiensi penggunaan energi, sumber daya (bahan bakar minyak/BBM) dan peralatan kantor (listrik, air, kertas, tinta printer), optimalisasi pemanfaatan ruangan serta efisiensi biaya transportasi. 

Kepedulian Perseroan terhadap lingkungan hidup ditunjukkan melalui berbagai aktivitas sehari-hari di lingkungan Perseroan. Kampanye peduli lingkungan terus dilakukan di kantor-kantor MNC Group, khususnya ajakan kepada seluruh karyawan untuk melakukan efisiensi penggunaan listrik, mencabut colokan listrik (unplug) saat akan meninggalkan kantor, dan menggunakan air dengan bijak. 

Salah satu inovasi karyawan Perseroan yang menjadi pemenang MNC Innovation Award 2015 adalah sistem pengolah air hasil kondensasi pendingin udara (air conditioner/AC) menjadi air bersih yang memenuhi standar baku mutu. Sistem ini telah diaplikasikan di gedung-gedung perkantoran milik MNC Group dan dapat mengurangi konsumsi air PAM maupun air tanah. 

Kami menyadari, setiap proses produksi kertas memerlukan bahan kimia, air dan energi dalam jumlah besar dan tentu saja bahan baku utama yang berasal dari kayu. Limbah yang dihasilkan dari proses produksi kertas juga sangat besar. Dengan demikian, banyak sekali dampak penggunaan kertas terhadap lingkungan, baik dampak langsung maupun jangka panjang yang berkontribusi pada pemanasan global dan kerusakan lingkungan. Upaya penghematan kertas telah kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir dengan mengoptimalkan penggunaan kertas bekas dokumen yang tidak bersifat rahasia untuk digunakan kembali pada sisi lainnya yang masih kosong untuk keperluan memo internal. 

Saat ini Perseroan sedang mengembangkan aplikasi teknologi informasi digital untuk seluruh proses bisnis diMNC Group termasuk untuk internet banking dan mobile financial services. Optimalisasi penggunaan teknologi informasi digital akan mengurangi penggunaan kertas dengan kuantitas yang lebih signifikan. 

Bidang Ketenagakerjaan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja 

Salah satu unsur penting yang mendukung keberlanjutan usaha adalah hubungan industrial yang erat antara Perseroan dan seluruh karyawan. Oleh karena itu, Perseroan senantiasa menghormati dan memenuhi hak-hak setiap karyawan dalam koridor peraturan perundangundangan ketenagakerjaan yang berlaku. 

Dalam upaya menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, Perseroan menerapkan prinsip keadilan, kesetaraan dan non-diskriminatif dalam melakukan rekrutmen, kesempatan mengikuti program pelatihan dan pengembangan karir/promosi tanpa memandang gender, suku, agama, ras dan antar golongan. Remunerasi diberikan sesuai tingkat jabatan, tanggung jawab serta hasil penilaian kinerja. 

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah hal yang utama. Perseroan berusaha menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman agar karyawan dapat bekerja secara optimal. Sebaliknya, karyawan wajib mematuhi kebijakan dan prosedur operasi standar (SOP) yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja untuk meminimalisasi terjadinya insiden, kecelakaan kerja, hampir celaka (nearmiss), dan penyakit akibat kerja. Setiap karyawan wajib menjaga kebersihan, keamanan dan kenyamanan lingkungan kerja, memakai alat pelindung diri (APD) dan, alat pengaman kerja (APK) yang sesuai pada lingkungan,kerja tertentu, dan tidak melakukan kegiatan yang dapat, mengganggu konsentrasi karyawan lainnya dalam bekerja. 

Setiap gedung milik Perseroan telah dilengkapi dengan sistem pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran termasuk menyediakan alat pemadam api ringan (APAR) dan hidran di lokasi-lokasi strategis. 

Bidang Pengembangan Sosial Kemasyarakatan 

Pengembangan sosial kemasyarakatan menjadi salah satu fokus program CSR Perseroan sejalan dengan komitmen Perseroan untuk membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan peduli terhadap masalah-masalah sosial. Beberapa kegiatan yang dilakukan Perseroan adalah sebagai berikut:

  1. Mendukung kegiatan Ekspedisi NKRI 2015 di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) yang dilaksanakan oleh Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. Ekspedisi NKRI 2015 melakukan penjelajahan, pendataan dan pengkajian serta pengabdian masyarakat di pulau-pulau di wilayah provinsi Nusa Tenggara Barat dan provinsi Nusa Tenggara Timur. Perseroan memberikan bantuan berupa obat-obatan untuk lima Sub-Koramil di Karangasem, Lombok Timur, Sumba Barat Daya, Alor, dan Belu, renovasi sekolah, bantuan perlengkapan sekolah termasuk pemasangan decoder Indovision gratis pemakaian selama 1 tahun, perlengkapan olahraga serta pembangunan jembatan penghubung Desa Marente dengan Dusun Matemega di Sumbawa Barat, NTB.
  2. Kunjungan ke Panti Asuhan Elsafan di Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur yang mengasuh 42 anak berkebutuhan khusus dan Sasana Tresna Werdha Karya Kasih di Jalan Kramat Kwitang, Jakarta Pusat. 

Bidang Keagamaan 

Kegiatan CSR di bidang keagamaan pada dasarnya bersifat bantuan untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan keagamaan disamping juga bantuan sarana dan prasarana ibadah. Selain bertujuan membina hubungan baik dengan masyarakat, Perseroan juga ingin orang-orang tidak mampu dan anak-anak yatim ikut merasakan kebahagiaan menyambut hari besar keagamaan. 

Di bulan suci Ramadhan, manajemen dan karyawan entitas anak mengadakan acara buka puasa bersama dan memberikan santunan kepada anak-anak yatim di Panti Asuhan Bina Prodita, Tanah Abang, Jakarta, Panti Asuhan Yatim Piatu Bandung, Panti Asuhan Rumah Sajada, Yogyakarta, dan Panti Asuhan Makna Bakti, Kemayoran, Jakarta.

Dalam rangka hari raya Idul Adha, entitas anak menyerahkan hewan kurban sapi dan kambing kepada masjid Bimantara, Jakarta dan masjid Darussalam. 

Menjelang hari Natal, Perseroan mengadakan bakti sosial dengan memberikan sumbangan bahan makanan dan dana sosial kepada panti jompo Sasana Tresna Werdha Karya Kasih Jakarta dan Panti Asuhan Roslin Orphanage, Kupang, Nusa Tenggara Timur. 

Bidang Pendidikan 

Di bidang pendidikan, selain memberi perhatian pada penyediaan sarana dan prasarana sekolah di daerah-daerah terpencil dan membuka akses pendidikan bagi masyarakat kecil, CEO MNC Group secara khusus memberi perhatian pada pengembangan kompetensi anak-anak muda Indonesia agar siap bersaing di era pasar bebas ASEAN maupun di kancah global. Salah satu sesi kuliah umum diadakan di Universitas Atmajaya dengan pembicara CEO MNC Group dengan topik “Membangun Mahasiswa yang Unggul dan Profesional Dalam Menghadapi Tantangan Global”. 

Selain itu, Perseroan juga ingin mengembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan anak-anak muda. Entitas anak MNC Life telah mengadakan kuliah umum dengan topik “Enterpreneurship” di Universitas Muria Kudus dan Universitas Indonesia, Depok.

Kegiatan lain di bidang pendidikan diantaranya adalah:

  1. Kegiatan bertema “Sharing with Street Children” oleh GlobalTv di salah satu rumah singgah di kawasan Jakarta Barat dengan menyerahkan alat tulis, tas sekolah, pakaian dan buku pelajaran untuk anak-anak jalanan.
  2. Penyerahan penghargaan “Asuransi Sang Juara” untuk kepala sekolah dan guru berprestasi oleh MNC Life dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dalam program Dahsyat RCTI.
  3. Menyelenggarakan talkshow bertema “Merdeka dalam Berinvestasi” melalui V-Radio 106,6 FM dan “Cerdas Berinvestasi Saham” di Sindo Trijaya 104,6 FM yang diadakan oleh MNC Securities yang bertujuan mengedukasi masyarakat mengenai manfaat investasi.
  4. MNC Group melalui induk usahanya PT MNC Investama Tbk meresmikan renovasi beberapa fasilitas sekolah di SD Mekarsari, Pulomas, Pulogadung, Jakarta Timur.
  5. Sosialisasi literasi keuangan oleh MNC Bank di SMP-SMA YHS Makassar. 

Bidang Kesehatan 

Bidang kesehatan bersama bidang pendidikan merupakan fokus kegiatan CSR yang ditangani oleh Yayasan Jalinan Kasih atas nama Perseroan dan entitas anak. Kegiatan bidang kesehatan di antaranya adalah:

  1. Bakti sosial pengobatan gratis di Desa Karyajaya, Cimarga, Lebak, Banten yang dilaksanakan oleh Yayasan Jalinan Kasih dan MNC Media. Bakti sosial didukung oleh 12 dokter umum dan 3 dokter gigi dibantu beberapa apoteker dan perawat gigi. Sebanyak 797 pasien umum dan 108 pasien gigi menerima pelayanan kesehatan dalam bakti sosial ini.
  2. Pengobatan gratis diadakan di Desa Cipondoh, Kampung Babakan Sampeu, Kecamatan Tirtamulya, Kerawang, Jawa Barat yang pelaksanaannya dibantu oleh sejumlah artis di bawah manajemen Star Media Nusantara (SMN) seperti Nowela, Regina, Robby Purba dan Shena.
  3. Aksi donor darah “MNC Love Donation” di lingkungan MNC Group bekerja sama dengan PMI yang diadakan secara berkala setiap 3 bulan sekali di MNC Tower, Jakarta.
  4. Roadshow GlobalTV di 13 kota untuk mengadakan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gratis bagi masyarakat, termasuk cek darah dan kolesterol.
  5. Pengobatan massal di Kepulauan Nusa Tenggara sebagai bagian dari program Ekspedisi NKRI 2015.
  6. Bakti sosial pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis kepada anak-anak Sekolah Dasar di area Jakarta dan Bekasi.
  7. Bakti sosial di RS Sentra Medika Cikarang, Bekasi untuk pengobatan operasi hernia gratis bagi anak-anak dan orang dewasa yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat seperti Cikarang, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Bandung Barat.
  8. Pengobatan gratis oleh MNC Bank di Kampung Bambu Kuning, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). 

Bidang Tanggung Jawab Kepada Konsumen

Perseroan memaknai hubungan dengan konsumen bukan hanya sekedar hubungan bisnis, tetapi bagaimana menciptakan suatu hubungan tulus yang mampu menumbuhkan kepercayaan dan pada akhirnya menghasilkan loyalitas konsumen. Secara rutin Perseroan dan entitas anak menyelenggarakan kegiatan untuk berinteraksi dengan konsumen untuk mengetahui ekspektasi mereka terhadap produk dan pelayananan Perseroan.

Beberapa inisiatif dan kegiatan Perseroan yang ditujukan kepada konsumen adalah sebagai berikut:

  1. Menyediakan sarana yang memungkinkan konsumen dan calon konsumen memahami dan mengetahui produkproduk MNC Group, baik melalui situs web Perseroan atau situs web entitas anak yang telah terintegrasi.
  2. Menyediakan saluran pengaduan konsumen di seluruh unit usaha.
  3. Sosialisasi dan edukasi kepada konsumen dan calon konsumen mengenai produk-produk di pasar modal dimana mereka dapat memperolehnya melalui Perseroan.
  4. Mengadakan pertemuan dengan konsumen secara rutin untuk menjaga loyalitas konsumen.
  5. Mengadakan program “Bagi 1.000 Asuransi Gratis” oleh MNC Life di Yogyakarta.
  6. Mengadakan program “Bagi 5.000 Asuransi Gratis” oleh MNC Life ditujukan khususnya para tenant wanita dan pengunjung wanita di Pusat Perbelanjaan ITC Mangga Dua, Jakarta dalam rangka hari Kartini.
  7. Mengadakan program medical check-up gratis dari MNC Life untuk pemeriksaan kanker serviks bagi nasabah MNC Securities terpilih.
  8. Pemberian proteksi kecelakaan produk asuransi Hario Siaga dari MNC Life bagi nasabah MNC Securities terpilih dengan pertanggungan hingga Rp30 juta.

Ke depan, melalui program CSR yang semakin berkualitas, Perseroan berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi dan membangun kemandirian masyarakat serta berupaya memperbaiki kualitas lingkungan hidup. MNC Group ingin dapat terus tumbuh dan berkembang bersama-sama masyarakat, membangun hubungan yang harmonis dan saling memberi manfaat. Dengan demikian, keberadaan Perseroan dapat memenuhi harapan seluruh para pemangku kepentingan, termasuk karyawan, pelanggan dan masyarakat luas.

 

PELAKSANAAN KEGIATAN

Lingkungan Hidup

Program terkait dengan lingkungan yang sudah dilaksanakan oleh Perseroan bersama entitas anak di bawahnya adalah “Gerakan 1.000 Biopori” yang termasuk dalam rangkaian hari ulang tahun ke-25 MNC Group. Program ini merupakan wujud kepedulian Perseroan dan entitas anak terhadap lingkungan hidup. Perseroan dan entitas anak memberikan 1.000 alat untuk membuat biopori kepada warga di Kelurahan Kebon Sirih. Diharapkan dengan Gerakan 1.000 Biopori tersebut dapat mencegah genangan air dan mempercepat peresapan air hujan.

 

Pengembangan Sosial Kemasyarakatan

Program terkait dengan kepedulian sosial yang sudah dilaksanakan oleh Perseroan bersama entitas anak di bawahnya adalah:

1. Termasuk dalam rangkaian hari ulang tahun ke-25 MNC Group, Perseroan melakukan kegiaan CSR di bidang sosial, yang di antaranya berupa:

a) Gerobak dan Rumah Buku MNC

Program Gerobak dan Rumah Buku MNC adalah bentuk perhatian Perseroan dan entitas anak terhadap akses informasi dan pendidikan generasi muda, terutama minimnya budaya membaca. Melalui penyediaan Gerobak dan Rumah Buku MNC beserta 4000 buku, anak-anak di Kelurahan Kebon Sirih yang berada di sekitar MNC bias secara gratis membaca buku-buku yang memiliki nilai edukasi dan mendidik.

b) Media literasi bagi siswa SD Al Haijaz kelas 1, 2, dan 3

Selain memberikan materi edukatif, dalam kegiatan ini Perseroan memberikan bantuan berupa tas sekolah, buku tulis, dan perlengkapan sekolah lainnya.

c) Revitalisasi Jembatan di Kabupaten Lebak, Banten

Pembangunan Jembatan MNC di Kabupaten Lebak, Banten bersama Yayasan Miss Indonesia dan Yayasan Jalinan Kasih. Minimnya infrastruktur yang memadai bagi masyarakat di daerah terpencil juga menjadi perhatian Perseroan dan entitas anak untuk kemudian ditindaklanjuti dengan pembangunan sebuah jembatan di Kabupaten Lebak dan perbaikan sebuah jembatan yang menghubungkan Desa Karya Jaya, Kecamatan Cimarga dengan Desa Cigoong, Kecamatan Cikulur. Jembatan yang menghubungkan dua desa ini sudah lama rusak parah dan tidak bisa digunakan lagi. Diharapkan dengan pembangunan ini dapat membantu memperbaiki siklus perekonomian dan pendidikan yang sebelumnya terputus akibat tidak adanya akses diantara kedua desa tersebut.

 

2. Bersama “Obsesi, Fokus Selebriti & Hotel Mercure” mengadakan buka puasa bersama anak yatim. Acara ini meriahkan oleh artis-artis untuk menghibur dan berbagi suka cita dalam bulan Ramadhan.

3. Menggelar minyak murah untuk warga sekitar Kebon Sirih. Total minyak yang berhasil dijual murah kepada warga sekitar MNC Tower sebanyak 1.000 liter.

4. Saat bulan Ramadhan, Perseroan mengajak Kaum Dhuafa & Anak Yatim sekitar MNC Tower berbuka puasa bersama, sekaligus menjalin silahturahmi dengan masyarakat dan kelurahan Kebon Sirih.

5. Menyerahkan bantuan kepada United Nations Children’s Fund (UNICEF), badan yang dibentuk oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada anak-anak korban perang.

6. Bekerja sama dengan PMI DKI, melakukan kegiatan donor darah rutin yang digelar sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat.

7. Bantuan ‘Rumah Inspirasi bagi Tuna Rungu Precious One’ dalam bentuk uang tunai sebesar Rp10.000.000. Perseroan berharap bantuan ini dapat mengembangkan kreatifitas dan wujud kepedulian sosial bagi tuna rungu.

8. Pembagian Sembako kepada warga sekitar MNC Tower khususnya untuk warga RT 09 / RW 05 & RT 12, RT 14, RT 16 / RW 06, Kelurahan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Kegiatan tersebut dilaksanankan untuk menjalin hubungan yang lebih baik antara warga setempat dengan Perseroan yang berada di lingkungan masyarakat.

9. Bantuan bagi korban kebakaran di Komplek Pomdam Jaya Berlan, Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Sebanyak 1.233 orang kehilangan tempat tinggalnya akibat musibah tersebut.

10. Membantu masyarakat yang terkena banjir di wilayah DKI Jakarta, khususnya di sekitar SMAN 8 Jakarta kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan.

 

Perseroan dan entitas anak juga melakukan kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan Pengembangan Sosial Kemasyarakatan, yaitu:

· Mengadakan media literasi terhadap masyarakat non-media di Jakarta, Jambi dan Palembang, Bandung.

· Memberikan edukasi dini kepada mahasiswa/i mengenai analisis keuangan di Bursa Efek Indonesia dan pengenalan pasar modal serta identitas perusahaan.

· Mengadakan seminar kecil rutin kepada masyarakat mengenai cara tepat dalam berinvestasi saham.

· Memberikan sponsor untuk acara Pekan Budaya Jawa.

· Melakukan bakti sosial bagi korban banjir Manado pada bulan Januari 2014.

· Memberikan bantuan dana untuk acara MTQ Nasional di Tanah Datar

· Memberikan bantuan Alat Bantu Dengar (ABD) kepada anak-anak sekolah penderita tuna rungu

· Memberikan bantuan dana setiap bulan untuk Masjid Bimantara yang terletak di MNC Plaza.

· Menggelar kegiatan “Sahur on the road”, mengelilingi daerah sekitar MNC Tower, Cikini hingga Manggarai sambil berbagi makanan sahur.

· Mengadakan program buka puasa dengan anak yatim piatu dengan tema “MNC Berbagi”.

· Menyelenggarakan acara buka puasa bersama masyarakat di lingkungan sekitar di MNC Tower.

· Memberikan santunan kebutuhan sekolah dan uang tunai kepada anak yatim dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri.

· Memberikan bingkisan Lebaran bagi anak-anak asuh di sekitar transmisi milik Perseroan.

· Mengadakan program mudik bareng.

· Memberikan bantuan dana dalam rangka memperingati ulang tahun kemerdekaan RI.

· Memberikan hewan qurban setiap tahun untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan di sekitar MNC Tower dan MNC Plaza melalui Masjid Bimantara.

· Memberikan sumbangan renovasi untuk Masjid Al-Hidayah di Sumedang.

· Berpartisipasi pada perayaan Natal Keluarga Besar MNC Group Tahun 2014 yang diadakan di Istora Gelora Bung Karno.

· Menyediakan dan memelihara sarana dan prasarana untuk digunakan dalam kegiatan ibadah keagamaan rutin yang diselenggarakan untuk masyarakat umum, di antaranya berupa pengajian putri setiap hari Kamis dan kebaktian gereja yang diselenggarakan setiap hari Jumat dan Minggu di Auditorium MNC Tower.

· Memberikan bantuan sembako untuk korban longsor Banjarnegara, korban bencana gunung Sinabung dan banjir bandang di Manado, korban bencana gunung Kelud, Jawa Timur, korban banjir di Kampung Pulo, Jakarta, dan Cabangbungin, Bekasi.

· Mengadakan penjualan minyak goreng murah bagi penduduk yang berada di sekitar MNC Tower.

Selain itu, Perseroan bersama dengan Yayasan Jalinan Kasih melakukan penggalangan dana dari pemirsa untuk membantu para korban bencana alam dan politik yaitu:

· Korban bencana alam gunung Sinabung.

· Korban bencana banjir bandang di Jakarta dan Manado.

· Korban politik di Gaza Palestina.

· Korban bencana tsunami di Philipina.

 

Ketenagakerjaan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja

Adapun program terkait dengan ketenagakerjaan, kesehatan, dan keselamatan kerja yang sudah dilaksanakan oleh Perseroan bersama entitas anak di bawahnya adalah:

· Pada tahun 2014, Perseroan telah memberangkatkan 103 orang, baik karyawan maupun keluarganya, untuk melaksanakan ibadah umrah. Sejak program ini dimulai pada tahun 2012, hingga saat ini Perseroan telah memberangkatkan 308 orang. Program ini merupakan wujud apresiasi Perseroan kepada karyawan MNC Group yang berprestasi baik dan sangat baik. Khusus untuk tahun 2014, diprioritaskan bagi level Supervisor ke atas dan masa kerja lebih dari dua tahun.

· Perseroan memberangkatkan 45 karyawan berprestasi untuk melakukan perjalanan rohani ke Holy Land, Yerusalem, selama sembilan hari. Program ini sudah dimulai sejak tahun 2013. Hingga saat ini, total karyawan yang sudah diberangkatkan sebanyak 104 orang. Program wisata rohani ini merupakan program rutin yang dilakukan MNC Group setiap tahun, sebagai bentuk penghargaan kepada karyawan yang memiliki kinerja baik. Melalui perjalanan rohani ini, diharapkan dapat membuat kinerja karyawan semakin meningkat.

· CSR Ambulans-MNC Siaga

Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap kesehatan dan lingkungan sekitar, Perseroan dan entitas anak memberikan fasilitas Ambulans-MNC Siaga gratis kepada masyarakat sekitar MNC Tower yaitu warga Kelurahan Kebon Sirih. Sebagai Perseroan terkemuka, menjadi sebuah kebanggaan bisa memberikan peran aktif dalam upaya pelayanan kesehatan.

 

Perseroan dan entitas anak juga melakukan kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan Ketenagakerjaan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja, yaitu:

· Melaksanakan pengobatan gratis bekerja sama dengan Pangkalan Angkatan Udara Suryadarma.

· Melaksanakan khitanan massal di Palembang, bekerja sama dengan Komando Distrik 11 Sriwijaya.

· Melaksanakan pemeriksaan kesehatan umum dan gigi secara gratis di Sumedang dan Jakarta.

· Memberikan bantuan dana pendidikan untuk anak asuh Mutiara Bangsa.

· Melaksanakan kegiatan bakti sosial dan pengobatan gratis di seluruh wilayah Jabodetabek dengan target 1.000 orang per hari.

· Memberikan bantuan kesehatan kepada Sheryl Aulia, penderita Abses Serebri [benjolan di otak].

· Memberikan bantuan operasi kepada penderita tumor dan gondok, katarak, bibir sumbing, hernia secara gratis.

· Mengadakan kegiatan donor darah rutin yang digelar sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat.

· Memberikan kesempatan pelatihan bagi karyawannya dengan berbagai macam jenis pelatihan, antara lain: basic company induction, basic skill training, functional training,certification training, leadership training dan socialization.

 

Tanggung Jawab terhadap Konsumen

Tanggung jawab kepada konsumen terkait tanggung jawab produk, seperti kesehatan dan keselamatan konsumen, informasi produk, sarana, jumlah dan penanggulangan atas pengaduan konsumen, dan lainlain. Adapun program terkait dengan konsumen yang sudah dilaksanakan oleh Perseroan bersama entitas anak di bawahnya adalah:

· Menyediakan sarana dan prasarana yang memungkinkan calon konsumen dan konsumen untuk memahami dan mengetahui produk-produk yang dimiliki oleh Perseroan, baik melalui website Perseroan ataupun anak perusahaan yang terintegrasi.

· Memberikan pelatihan-pelatihan yang cukup dan memadai kepada tenaga pemasaran Perseroan agar dapat memberikan penjelasan yang mencukupi kepada calon konsumen dan konsumen sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk Perseroan.

· Menyediakan sistem pengaduan konsumen yang terdapat di seluruh unit usaha Perseroan.

· Memberikan sosialisasi dan edukasi kepada calon konsumen dan konsumen mengenai berbagai jenis produk yang ada di pasar modal dimana mereka bias memperolehnya melalui Perseroan.

· Mengadakan wadah pertemuan rutin dengan konsumen untuk lebih menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan konsumen, contoh: acara Annual Investor Gathering MNC Securities.

1001 Buku Untuk Adik Indonesia

MNC Investama sebagai suatu entitas bisnis, berkeyakinan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) harus dipandang, disikapi dan dipenuhi sebagai suatu tanggung jawab yang melekat dalam kehidupan dan kegiatan sehari-hari, baik Perseroan secara institusi maupun para pengurus dan karyawannya secara individual. Perseroan percaya bahwa pemenuhan CSR merupakan salah satu strategi bisnis dalam rangka kesinambungan usaha (business sustainability). Seperti halnya di berbagai perusahaan kelas dunia (multinational companies), CSR telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kebijakan perusahaan. Melaksanakan tanggung jawab sosial merupakan bentuk pemenuhan kewajiban kepada seluruh pemangku kepentingan sebagai investasi sosial yang akan memberi manfaat timbal balik berkesinambungan dalam jangka panjang.

MNC Investama mencoba menebarkan inspirasi melalui program-program CSR yang dijalaninya. Pemenuhan tanggung jawab sosial perusahaan, tidak cukup jika hanya dilakukan dengan cara pemberian bantuan semata. Namun, harus ada komitmen kuat untuk membuatnya menjadi sebuah kegiatan yang berkelanjutan dan terarah.

Pelaksanaan CSR merupakan hal penting bagi Perseroan, baik selaku institusi maupun karyawan secara individu. dalam perspektif kemanfaatan program CSR bagi karyawan adalah bagaimana menumbuhkan kepedulian dan rasa peka terhadap situasi sosial yang dialami oleh lingkungan sekitar. Dengan begitu, karyawan akan bersikap lebih bijaksana dan bekerja penuh semangat sebagai bentuk rasa syukur atas berbagai kemudahan dan kebahagiaan yang dimiliki. Sedangkan, CSR dalam perspektif institusi bermanfaat bagi kesadaran perusahaan sebagai bagian tidak terpisahkan segenap pemangku kepentingan. Dengan begitu, segala kebijakan yang diambil perusahaan akan berusaha memberikan manfaat bukan hanya bagi mitra bisnis dan investor, namun juga bagi seluruh masyarakat yang secara tidak langsung memiliki kaitan dengan langkah bisnis Perseroan.

Pada tanggal 22 November 2013, Perseroan mengadakan kegiatan CSR yang merupakan wujud tanggung jawab sosial Perseroan kepada masyarakat, yang kali ini difokuskan pada bidang pendidikan, khususnya siswa-siswi Sekolah dasar. Kegiatan CSR ini mewajibkan karyawan untuk memberikan donasi dalam bentuk buku-buku yang layak pakai (minimal 1 buku), dan merenovasi ruangan yang tidak terpakai disekolah SD Mekar Sari Pulo Mas, untuk dijadikan ruang perpustakaan,

Tujuan dan kegiatan adalah:

Membantu sekolah/lembaga pendidikan yang kurang mampu untuk mengembangkan dan mengelola perpustakaan sebagai sarana dalam membutuhkan minat baca dan meningkatkan pengetahuan pelajar dan guru. Menyediakan fasilitas perpustakaan sekolah yang layak bagi para pelajar yang juga dapat digunakan untuk mengadakan aktifitas yang dapat meingkatkan kreatifitas pelajar, seperti kerajinan tangan, bedah buku dan perlombaan bakat. Jumlah buku yang terkumpul lebih dari 2 kali lipat target 1001 buku yang semula diharapkan dan jenis buku yang bervariasi mulai dari buku pelajaran, pelatihan ujian, sastra, seni budaya dan pengetahuan umum untuk siswa siswi kelas 1 sampai dengan kelas 6.

Pelaksanaan CSR merupakan hal penting bagi Perseroan selaku institusi dan karyawan Perseroan selaku individu karena kegiatankegiatan dimaksud menumbuhkembangkan kepekaan dan sikap peduli terhadap tanggung jawab sosial yang dapat diejawantahkan dalam kegiatan sehari-hari di Bhakti Investama. Perseroan menerapkan CSR dengan membangun kepekaan karyawan terhadap beragam aspek yang terkait dengan perekonomian, sosial, budaya dan lingkungan, dengan memperhatikan prinsip-prinsip hak asasi manusia (HAM).

Pada tahun 2012, kegiatan CSR Perseroan dititikberatkan kepada masalah lingkungan, yaitu melalui aksi penanaman pohon bakau di Pulau Pramuka dan Pulau Tidung di Kepulauan Seribu pada bulan Juli 2012. Sementara itu, program tanggung jawab sosial juga dijalankan entitas anak Perseroan di sektor media dengan fokus kegiatan pada bidang kesehatan, pendidikan, keagamaan, bantuan bencana alam, olah raga, dan lain-lain.

 

 

Perseroan menyadari bahwa pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) bukan merupakan kegiatan yang bersifat sukarela, namun ini bagian dari komitmen bersama untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan menciptakan iklim investasi yang kondusif bagi penanam modal untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Komitmen ini ditegaskan kembali dalam UU No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas mengenai kewajiban melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan bagi perusahaan.

Kegiatan CSR di lingkungan Perseroan dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kepekaan dan peran serta karyawan Perseroan sendiri maupun anak-anak perusahaan untuk memahami dan melakukan tindakan nyata untuk membantu mengatasi permasalahan-permasalahan sosial masyarakat.

Kegiatan CSR diwujudkan melalui program Bhakti Investama Peduli. Pada tahun 2011, salah satu program CSR Perseroan adalah melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Putra Setia yang berada di daerah Kramat Sentiong. Kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif dan interaksi yang hangat antara karyawan dengan anak-anak panti asuhan.