03 Jun 2022

Hak Jawab IATA Atas Pemberitaan CNBC

Jakarta, 3 June 2022 – Terkait dengan pemberitaan mengenai PT MNC Energy Investments Tbk (“Perseroan” atau “IATA”) bersama ini perkenankan kami memberikan Hak Jawab atas pemberitaan CNBCIndonesia.com yang berjudul:

"Emiten Batu Bara Hary Tanoe Ternyata Dipantau Bursa”

(https://www.cnbcindonesia.com/market/20220602011354-17-343559/emiten-batu-bara-hary-tanoe-ternyata -dipantau-bursa)

yang diunggah 2 Juni 2022 pukul 06.45 WIB, Perseroan ingin menjelaskan sebagai berikut:

  1. Ekuitas negatif bersifat sementara efek konsolidasi Laporan Keuangan PT Bhakti Coal Resources (BCR) ke dalam Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan. Sesuai dengan PSAK 38 yang mengatur Kombinasi Bisnis Entitas Sepengendali, Perseroan harus membukukan selisih nilai transaksi dengan nilai buku sebagai pengurang ekuitas Perseroan.

  2. Ekuitas Perseroan akan menjadi positif bulan depan, setelah Perseroan menyelesaikan proses HMETD pada Juli 2022.

    Dengan asumsi nilai HMETD Perseroan sebesar US$200 juta, maka ekuitas Perseroan akan menjadi lebih besar atau surplus dan positif lebih dari US$100 juta.

  3. Transaksi akuisisi BCR ini menimbulkan Liabilitas sementara sebesar $140 juta di Laporan Keuangan Perseroan, atas penerbitan Promissory Notes (PN) yang digunakan untuk pembayaran transaksi akuisisi. PN ini akan dibayarkan lunas dari hasil HMETD Perseroan di bulan mendatang sehingga mengeliminasi Liabilitas sebesar $140 juta di Laporan Keuangan Konsolidasian.

Demikian hak jawab dan koreksi berita tersebut kami sampaikan.

Atas perhatian dan kerja sama yang baik, sebelumnya kami ucapkan banyak terima kasih.

Read More : Download PDF