COMPANY PROFILE

PT MNC Kapital Indonesia Tbk atau yang lebih dikenal dengan MNC Financial Services merupakan entitas anak dari PT MNC Investama Tbk, yang berdiri pada 15 Juli 1999. Pada awalnya, bisnis MNC Financial Services hanya berfokus pada perusahaan sekuritas dengan kegiatan usaha sebagai penjamin emisi efek dan perantara pedagang efek. Seiring perjalanan waktu, MNC Financial Services terus berkembang menjadi salah satu perusahaan terkemuka yang mampu menyediakan berbagai layanan di sektor jasa keuangan secara lengkap. Pada 8 Juni 2001, MNC Financial Services mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

MNC Financial Services yang berada di bawah kelompok usaha PT MNC Investama Tbk (MNC Group) didirikan untuk menjadi induk bagi unit-unit bisnis jasa keuangan yang di operasikan oleh Group termasuk ekspansi-ekspansi yang akan dilakukan di kemudian hari. Pada periode antara tahun 2010 dan 2014, MNC Financial Services telah menambahkan 4 unit usaha jasa keuangan yang baru melalui proses akuisisi atas perusahaan asuransi jiwa, asuransi umum, bank yang memegang semua izin kegiatan perbankan, dan sebuah perusahaan leasing.

MNC Financial Services memiliki komitmen yang tinggi untuk menyediakan produk dan jasa keuangan yang lengkap dan terintegrasi dengan fokus utama pada sektor konsumer untuk menangkap peluang yang besar yang dimotori oleh besarnya jumlah penduduk di Indonesia dan semakin bertambahnya golongan ekonomi berpendapatan kelas menengah serta kalangan kelas atas.

Saat ini, MNC Financial Services beroperasi melalui 7 entitas anak, yang terdiri dari: MNC Sekuritas, MNC Asset Management, MNC Finance, MNC Life, MNC Insurance, MNC Bank dan MNC Leasing.

PT MNC Sekuritas (MNC Sekuritas) merupakan perusahaan awal dari MNC Group, dan pada tahun 2004 menjadi entitas anak dari MNC Financial Services. Pada saat ini MNC Sekuritas menyediakan jasa untuk bertransaksi saham dan instrumen berpendapatan tetap, jasa bertransaksi saham secara onlineinvestment banking dan penasehat jasa keuangan serta riset. MNC Sekuritas berada di peringkat teratas untuk perusahaan sekuritas berbasis lokal dalam hal nilai transaksi saham yang juga menawarkan jasa pembiayaan marjin untuk klien yang aktif bertransaksi di pasar modal. MNC Financial Services merupakan pemegang saham 99,99% di MNC Sekuritas.

PT MNC Asset Management (MNC Asset Management) telah memperoleh izin usaha jasa pengelolaan investasi dari Bapepam-LK sejak tahun 2000. MNC Financial Services juga banyak mendapatkan berbagai penghargaan karena secara konsisten berkinerja dengan baik pada semua produk reksa dana yang dikelolanya. Jasa yang ditawarkan meliputi pengelolaan produk-produk reksa dana berbasis lokal yang sangat beragam dengan profil risiko berbeda, reksa dana yang berbasis di luar negeri, private equity dan unit linkmanajemen aset yang bekerja sama dengan MNC Life. MNC Financial Services merupakan pemegang saham 99,99% di MNC Asset Management.

PT MNC Finance (MNC Finance) diakuisisi Perseoran pada tahun 2003 berfokus pada pembiayaan untuk konsumer ritel dengan mayoritas portofolio pembiayaan untuk rumah dan mobil. Segmen pembiayaan tersebut memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi. MNC Financial Services merupakan pemegang saham 99,99% di MNC Finance. Permintaan terhadap kebutuhan mobil dan rumah akan terus menguat karena membesarnya penduduk yang berada di golongan ekonomi berpendapatan kelas menengah yang mewakili lebih dari 50% penduduk di Indonesia.

PT MNC Life Assurance (MNC Life), unit asuransi jiwa milik MNC Financial Services merupakan hasil akuisisi terhadap UOB Life pada tahun 2010. MNC Financial Services merupakan pemegang saham 99,98% di MNC Life. MNC Life saat ini menawarkan beraneka ragam perlindungan yang luas yang mencakup asuransi tradisional yang terdiri dari asuransi jiwa dan kesehatan serta produk untuk mengakumulasi kekayaan dan produk unit link yang bekerja sama dengan MNC Asset Management. MNC Life telah bertumbuh pesat dan merupakan salah satu yang tercepat di industrinya melalui penambahan yang pesat terhadap jumlah agen pemasaran, bank assurances, pembukaan kantor cabang di seluruh Indonesia dan penawaran produk-produk yang inovatif.

PT MNC Asuransi Indonesia (MNC Insurance), merupakan hasil akuisisi terhadap sebuah perusahaan asuransi umum yang berbasis lokal pada tahun 2011. MNC Financial Services merupakan pemegang saham 99,97% di MNC Insurance. Sejak akuisisi tersebut, pertumbuhan premi bruto MNC Insurance telah bertumbuh jauh lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan pada industri asuransi umum melalui penawaran produk asuransi umum yang beraneka ragam yang inovatif dengan berfokus pada klien ritel dan korporasi.

Industri asuransi umum di Indonesia menawarkan potensi pertumbuhan yang serupa dengan industri asuransi jiwa karena tingkat penetrasi yang rendah dan pertumbuhan yang kuat di sektor konsumer.

PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) menjadi bagian dari MNC Financial Services dengan mengambil alih saham PT Bank ICB Bumiputera Tbk di awal tahun 2014. MNC Financial Services kemudian memperoleh persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjadi pemegang saham pengendali dan melakukan perubahan logo dan nama bank tersebut. Saat ini, MNC Financial Services merupakan pemegang saham 41,43% di MNC Bank. MNC Bank memainkan peranan penting untuk pertumbuhan bisnis keuangan MNC Group secara keseluruhan dengan menawarkan jasa layanan perbankan yang lengkap dan saat ini sedang mengembangkan sistem perbankan digital yang paling mutakhir (state-of-the-art) untuk menjadi bank masa depan. Usaha inti MNC Bank difokuskan pada segmen nasabah Consumer Banking (Consumer Lending dan Retail Funding) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan segmen komersial dan korporasi sebagai pendukung.

Dengan hadirnya MNC Bank, MNC Financial Services akan menjadi bagian yang penting terhadap keseluruhan bisnis MNC Group. MNC Financial Services akan dapat menawarkan berbagai ragam produk dan jasa keuangan tanpa terkecuali.

PT MNC Guna Usaha Indonesia (MNC Leasing), merupakan entitas anak terbaru di MNC Financial Services yang diakuisisi pada akhir tahun 2014. MNC Leasing berkonsentrasi pada pembiayaan aset-aset produktif untuk kalangan bisnis di Indonesia dengan skema pembiayaan modal kerja, pembiayaan investasi, dan pembiayaan multiguna. MNC Financial Services merupakan pemegang saham 99,99% di MNC Leasing.

MNC Group memiliki komitmen untuk mendukung MNC Financial Services dalam hal keuangan dan sumber daya manusia serta promosi melalui media dan sinergi dengan unitunit usaha di dalam Group untuk mempercepat pertumbuhan usahanya. Kami sangat yakin bahwa MNC Financial Services memiliki potensi pertumbuhan yang besar karena didukung oleh tim manajemen yang kuat, modal yang kuat dan kondisi perekonomian Indonesia yang kondusif terutama terhadap sektor yang terkait dengan konsumer.

Dalam kurun waktu kurang dari 20 tahun ke depan, Indonesia diproyeksikan berada di dalam peringkat 5 kekuatan ekonomi terbesar di dunia dan group bisnis seperti MNC Financial Services akan mendapatkan manfaat yang signifikan dari kondisi yang akan terjadi tersebut. MNC Financial Services, institusi keuangan yang menyediakan jasa keuangan yang lengkap dan terintegrasi yang dapat dipercaya dan diandalkan.

Dikelola dengan mengutamakan visi, kualitas, dan kecepatan.