ARCHIVE
RECENTS

25 Sep 2018, 15:46 WIB

Miss Indonesia 2018 Ajak Warga Kembangkan Potensi Desa

BANDUNG – Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina mengunjungi Kampung Sentak Dulang, Desa Mekar Manik, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Senin (24/9/2018). Kehadiran Alya ini guna menjalani program Beauty With A Purpose (BWAP) Miss Indonesia.

Pada kesempatan ini ia membantu dan mengajak warga sekitar untuk mengembangkan potensi di daerahnya. mengajari warga memasak, mengolah hasil pertanian agar memiliki nilai jual, dan mengajak warga mengecat tempat mandi cuci kakus (MCK) komunal.

“Saya sudah sering ke kampung ini, sejak akhir Juli lalu. Sebelumnya, saya edukasi tanaman sorgum, hanjoli, dan lainnya. Sekarang dengan ibu-ibu berbagi ilmu cara mengolahnya. Harapannya, tidak cuma di makan sendiri, tapi bisa diolah di pasar wisata Batu Templek,” kata Ayla.

Ia mengungkapkan, target dari kegiatan ini adalah mempersiapkan kampung wisata menuju pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism). Dengan kekayaan tempat wisata, masyarakat Indonesia perlu lebih terlibat pada kegiatan kepariwisataan.

“Kami bangun agar lingkungan sekitar bisa mengolah hasil tani dan dijual, sehingga ada lapangan kerja bagi warga sekitar yang mayoritas bertani,” ujar Alya.

Menurut survei, Kampung Sentak Dulang memiliki persoalan air dan ekonomi. Tercatat, ada sekitar 100 rumah yang tidak terhubung air bersih. Oleh karena itu, Alya dan MNC Group membantu membuatkan saluran air.

“Setelah ada air, kita pecahkan masalah sanitasi. Kami bikin juga MCK komunal, sehingga tidak kotori sungai lagi. Respons warga positif karena tidak perlu jauh mencari air,” sebut Alya.

Salah seorang warga, Ekarsa mengaku bersyukur atas bantuan Ayla dan MNC Group, sehingga kampungnya memiliki saluran air dan MCK. Awalnya untuk mencari air, ia harus berjalan berkilo-kilometer.

“Sekarang kami sudah dibangunkan jaringan air menggunakan pipa sejauh tiga kilometer. Ini sangat membantu dan berarti bagi kami,” ucapnya.

 

Sumber: www.mncupdate.com