ARCHIVE
RECENTS

18 Apr 2018, 10:08 WIB

MNC Peduli Bersihkan Candi Borobudur

MAGELANG - MNC Peduli bekerja sama dengan PT Doulton, Balai Konservasi Borobudur dan Gerakan Pramuka melakukan kegiatan 'Bersih-Bersih Candi Borobudur'. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Situs Warisan Dunia, 18 April 2018 ini, melibatkan 200 anggota Pramuka Saka Widya Budaya Bakti yang berasal dari SMA/SMK di Kabupaten Magelang.

Aksi bersih-bersih candi ini diawali dengan pengenalan dan sosialisasi sesi standar operasional prosedur (SOP) pemeliharaan Candi Borobudur dilanjutkan dengan aksi kampanye pelestarian situs oleh para anggota Pramuka kepada para pengunjung candi. Melalui aksi ini, diharapkan ikut menumbuhkan kepedulian para pengunjung candi untuk turut serta menjaga dan melestarikan cagar budaya Indonesia yang sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO ini.

“Ini adalah salah satu kegiatan sosial (CSR) dari  MNC,” jelas Ray Wijaya, mewakili MNC Peduli di sela aksi bersih-bersih Candi Borobudur, Rabu (18/4/2018).

Program MNC Peduli, selama ini sudah sering digelar di berbagai daerah di Indonesia. Program yang dilaksanakan juga tidak pernah terbatas dalam satu bidang saja. Namun CSR dari MNC menyasar semua bidang.

“MNC Peduli sudah melaksanakan berbagai kegiatan di bidang kesehatan juga infrastruktur,” jelasnya.

Kegiatan nyata dalam bentuk bersih-bersih candi dan kampanye pelestarian budaya di Candi Borobudur kali ini adalah bentuk kepedulian MNC terhadap warisan budaya ini. Ini menjadi salah satu cara bagi MNC untuk melibatkan generasi muda dalam kegiatan positif.

Human Resouces General Affair PT Doulton, Aji Sudarmaji mengatakan pihaknya sudah beberapa kali melakukan kerja sama dengan MNC Group. Termasuk dalam kegiatan bersih-bersih Candi Borobudur ini.

“PT Doulton merasa senang karena bisa ikut menjaga cagar budaya Indonesia yang sudah terkenal di manca negara,” jelasnya.

Di bidang kesehatan, MNC peduli sudah memberikan bantuan kepada 700 ribu warga. Mulai dari operasi mata bagi penderita katarak, bibir sumbing, hernia, jantung, hydrocephalus dan tumor. 

Termasuk memberikan alat bantu kesehatan seperti kornea mata, kaki buatan, alat bantu dengar dan kursi roda. Sedangkan di bidang infrastruktur MNC Peduli sudah membangun sejumlah jembatan, antara lain jembatan di Desa Kutamekar dan Desa Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten. Dan jembatan di Dusun Mbangsri, Desa Patokpicis, Wajak, Kabupaten Malang.

 

Sumber: www.sindonews.com