ARCHIVE
RECENTS

10 Nov 2018, 17:59 WIB

MNC Peduli Gelar Operasi Katarak & Pterigium Gratis di Sukabumi

BOGOR – MNC Peduli melanjutkan program sosial kemasyarakatan di bidang kesehatan dengan kembali menggelar bakti sosial berupa operasi katarak dan pterigium di Rumah Sakit Islam Assyifa Sukabumi, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Kerja sama kegiatan bakti sosial dengan RS Islam Assyifa ini merupakan yang keenam kalinya sejak 2015 untuk operasi massal katarak dan hernia.

Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyampaikan pesannya melalui Ketua Harian MNC Peduli Syafril Nasution bahwa kegiatan sosial yang digelar di Sukabumi ini merupakan bentuk komitmen dan konsistensi kepedulian MNC Peduli terhadap masyarakat Indonesia dan khususnya warga Kota/Kabupaten Sukabumi.

"MNC Peduli masih tetap fokus dan mempertahankan program kesehatan yang senantiasa dibutuhkan masyarakat, dikarenakan masyarakat masih banyak yang memiliki keterbatasan untuk mengakses atau mendapatkan bantuan pengobatan, apalagi dalam bentuk biaya operasi penyembuhan penyakit," kata Syafril Nasution, Sabtu (10/11/2018).

Terkait baksos di Sukabumi ini, awalnya ditetapkan target kuota untuk 50 orang, namun usai pemeriksaan ternyata jumlah peserta yang lolos pemeriksaan untuk mengikuti operasi pada 10 November 2018 melebihi target yakni 65 orang.

Rinciannya, sebanyak 50 orang siap operasi katarak, dan 15 orang siap operasi pterigium. Dengan demikian maka periode baksos ini sudah ditutup karena target sudah terlampaui.

Puluhan peserta operasi tersebut tidak saja dari Kabupaten/Kota Sukabumi, namun juga berasal dari daerah lain, yaitu 2 orang dari dari Kabupaten Cianjur dan Majalengka.

Mereka rata-rata berusia 50 hingga 60 tahun. Peserta termuda berumur 24 tahun dan yang tertua 87 tahun. Adapun dari profesi pasien, umumnya adalah ibu rumah tangga, sedangkan yang lainnya buruh tani/petani dan wiraswasta.

Direktur RS Islam Assyifa, dr Heri Heriyanto, mengucapkan terima kasih kepada MNC Peduli atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini, khususnya dalam kegiatan bakti sosial yang telah dilaksanakan berupa operasi katarak, hernia, lalu saat ini katarak serta pterigium secara gratis.

"Saya berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut mengingat antusiasme dari masyarakat cukup tinggi dan respons yang sangat positif, terbukti dari pendaftaran peserta yang seringkali melebihi kuota yang disediakan. Mudah-mudahan apa yang telah RSI Assyifa dan MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih lakukan dinilai sebagai ibadah dan senantiasa demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan bangsa Indonesia. Sukses selalu untuk MNC Peduli, semoga Allah memberkahi," ujar dr Heri.

Sementara Didin Ismail (51), warga Baros, Sukabumi, merasa luar biasa senang atas operasi yang telah dilaksanakan. Sebab sejak 10 tahun lalu saat masih bekerja sebagai driver, penglihatannya terganggu, dan kini mata kanannya sudah dioperasi. Selanjutnya, ia berharap MNC Peduli bisa membantu katarak mata kirinya.

"Terima kasih MNC Peduli. Semoga kegiatan seperti ini terus dilakukan untuk membantu masyarakat yang katarak," ungkap Didin.

Kegiatan baksos ini terselenggara salah satunya berkat dari bantuan para pemirsa yang telah ikut berdonasi. Masyarakat yang ingin turut mendonasikan sebagian dananya dapat menyalurkan ke rekening bank atas nama Yayasan Jalinan Kasih melalui MNC Bank 100-01-00000-9851-5, Mandiri 103-00099-0000-8, BRI 0206-01-005001-30-8, dan BCA 681-5088-119.

Sedangkan untuk masyarakat yang ingin mengajukan permohonan bantuan pengobatan atau alat bantu kesehatan dapat menghubungi nomor telepon 021-3909-103 atau membuka fanpage Facebook dengan akun "Yayasan Jalinan Kasih".

Selain kegiatan sosial di Sukabumi ini, MNC Peduli juga masih menyalurkan bantuan kepada para korban bencana alam yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat; dan Palu-Donggala, Sulawesi Tengah.

Sepanjang 2018, MNC Peduli juga telah melaksanakan bakti sosial hernia, sumbing, pemberian alat bantu kesehatan, dan pengobatan lainnya di beberapa kota di Indonesia, seperti Jember, Gombong, Lebak-Serang, Atambua, Medan, dan Tasikmalaya.

 

Sumber: www.okezone.com