ARCHIVE
RECENTS

02 Aug 2019, 15:50 WIB

MNC Peduli-Komunitas Dokter Genta Beri Layanan Kesehatan Gratis ke Warga Baduy

LEBAK, iNews.id, – Orang Baduy merupakan kelompok etnis masyarakat adat suku Banten di wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Mereka merupakan salah satu suku yang masih memegang teguh adat istiadat leluhur.

Saat ini warga Baduy terbagi dua yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar, di mana waga Baduy Dalam masih menjaga jarak dengan kehadiran orang dari luar Baduy dan warga Baduy Luar saat ini sudah lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat di luar Baduy.

Karena masih terisolasi dari masyarakat luar dan kurang tersentuhnya layanan kesehatan terhadap warga Baduy Dalam, MNC Peduli dan Komunitas Dokter Gerakan Cinta Tanah Air Nusantara (Genta) melakukan kegiatan pengecekan kesehatan dan pengobatan gratis kepada warga Baduy Dalam pada Sabtu (27/7/2019).

Kegiatan dilaksanakan di Desa Cijahe tepatnya pada area perbatasan Baduy Dalam dan Baduy Luar. Dalam kegiatan ini ratusan warga Baduy Dalam, Baduy Luar dan warga sekitar bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis.

Untuk menyukseskan kegiatan sosial ini, puluhan dokter dari Komunitas Dokter Genta diturunkan untuk membantu sebagai dokter maupun panitia.

Ketua III MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mengungkapkan, masyarakat Baduy sebagai salah satu kaum yang masih memegang adat istiadat perlu banyak diperhatikan terutama dalam masalah kesehatan.

“Kami juga berharap kami bisa menginspirasi masyarakat lainnya untuk memperhatikan masyarakat yang terisolir,” kata Jessica.

Ketua Panitia Baksos Baduy, dr Arius Karman mengatakan, penyakit yang umum yang dikeluhkan warga yakni di perut, seperti sakit perut, mules dan buang air. "Selain itu penyakit kulit juga banyak dikeluhkan karena masyarakat Baduy tidak menggunakan sabun untuk sanitasi," ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan agar bisa membantu masyarakat Baduy Dalam dalam segi kesehatan.

“Manfaat yang sudah terasa ini berkaitan dengan pengobatan gratis tentu warga yang sedang mengalami keluhan penyakit diberikan obat, ”ucap Ayah Moersid, tokoh masyarakat Baduy Dalam.

 

Sumber : www.inews.id