ARCHIVE
RECENTS

24 Dec 2018, 14:21 WIB

MNC Peduli Salurkan Air Bersih, Warga: Kami Tak Perlu Jalan 5 Km Lagi

KENDAL – Ratusan warga terutama ibu-ibu tak dapat menyembunyikan kebahagiaannya saat mendapat bantuan air bersih dari MNC Peduli. Mereka mengaku tak perlu lagi berjalan jauh hingga lima kilometer untuk mencapai sumber air di sungai.

Bantuan Program Air Bersih itu disalurkan ke dua kampung sekaligus yakni di Dusun Wonorejo, Desa Wirosari, Kecamatan Patean Kendal dan Dusun Kalibubak, Desa Kebongembong, Kecamatan Pageruyung. Dua kampung itu berada di Kabupaten Kendal.
“Sebelumnya sangat susah untuk mendapatkan air bersih. Harus ke sungai berjalan kaki sambil bawa ember, bawa jeriken. Sekira 5 kilometer dari rumah masing-masing ke sumber air bersih, jalan kaki siap hari,” kata Sastri warga Dusun Kalibubak.

Dia pun menyampaikan air dari sungai itu harus digunakan untuk beragam keperluan seperti memasak, mencuci, hingga berbagi untuk minum ternak. Oleh karenanya, warga sangat berterima kasih kepada MNC yang telah menjangkau kampung yang cukup terpencil itu untuk menyalurkan air bersih.
“Ya airnya dipakai untuk semuanya, masak, cuci. Bahagi lah pokoknya bisa mendapat air bersih ini. Terima kasih banget untuk MNC Peduli atas bantuannya. Semoga tetap jaya dan peduli terhadap warga,” tukasnya penuh harap.

Kepala Dusun Kalibubak, Rohmadi, menyampaikan, terdapat 52 kepala keluarga dengan 198 jiwa di wilayah yang dipimpinnya. Mereka selalu kesulitan air bersih terlebih pada musim kemarau, hingga harus berjalan ke sungai.
“Saya mewakili warga di sini mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada MNC yang telah membantu warga. Sebelumnya mereka mereka mencari (air bersih) semdiri-sendiri ke sumber air. Lokasinya jauh, jalan kaki,” ucap dia.

Program Bantuan Air Bersih itu diserahkan secara langsung oleh Ketua I MNC Peduli, Syafril Nasution. Dia menuturkan, MNC berkomitmen untuk membantu warga yang membutuhkan. Terutama di daerah terpencil yang jarang tersentuh bantuan.

“Sebenarnya MNC Peduli tidak memilih daerah mana, tapi yang kita lihat adalah daerah yang sangat membutuhkan. Kebetulan Dusuh Kalikubak ini sangat membutuhkan MNC, dan cukup terpencil dari kota untuk ke daerah ini cukup jauh,” terang Syafril.

Menurutnya, dusun tersebut cukup terpencil, terlihat dari jarak ke kantor Kelurahan saja mencapai 6 km. Sedangkan, ke kantor Kecamatan lebih dari 15 km.

“Pada musim kemarau sangat kekurangan air. Untuk itulah MNC Peduli memberi prioritas pertama untuk mendapat fasilitas air bersih,” tambahnya.

Dia berharap, Program Bantuan air Bersih itu bisa bermanfaat bagi warga. Mereka tak lagi kesulitan mendapatkan air baik untuk keperluan sehari-hari maupun minuman ternak. “Harapan kami, tentu yang dibantu oleh MNC Peduli ini bisa dimanfaatkan untuk dan dijaga dengan baik sehingga terus bermanfaat bagi masyarakat sini,” pungkasnya.

(rzy)

 

Sumber : www.okezone.com