Komite

Komite Audit Perseroan merupakan suatu komite independen yang dibentuk oleh Dewan Komisaris dan bertanggung jawab kepada Dewan komisaris. Fungsi utama Komite Audit adalah untuk membantu Dewan Komisaris dalam menjalankan tanggung jawab pengawasan terhadap proses laporan keuangan, sistem pengendalian internal, proses audit, dan proses Perseroan untuk memonitor kepatuhan terhadap peraturan perundang– undangan, dan kode etik.

Komite Audit Perseroan terdiri dari tiga orang yang berasal dari Komisaris Independen dan pihak dari luar Perseroan. Komite Audit diketuai oleh Komisaris Independen. Masa tugas anggota Komite Audit tidak boleh lebih lama dari masa jabatan Dewan Komisaris sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar dan dapat dipilih kembali hanya untuk satu periode berikutnya.

Susunan keanggotaan Komite Audit Perseroan mengalami perombakan menyusul mundurnya Bapak Darpito Pudyastungkoro dan Ibu Fransiska Therik dari posisi Anggota Komite Audit. Susunan Komite Audit saat ini adalah sebagai berikut:

Ketua        :  Kardinal Alamsyah Karim

Anggota   : 1. Ricky Herbert Parulian Sitohang

                     2. Azis Aribowo

Profil Ketua Komite Audit/Komisaris Independen, Kardinal Alamsyah Karim, dan profil Anggota Komite Audit/Komisaris Independen, Ricky Herbert Parulian Sitohang, disajikan di bagian Profil Dewan Komisaris pada situs web ini. Sementara profil anggota Komite Audit, Azis Aribowo, dapat dilihat di bawah ini:

Azis Aribowo

Warga Negara Indonesia, menyelesaikan pendidikan gelar Sarjana pada Fakultas Teknologi Industri dari Institut Teknologi Bandung, Bandung, Jawa Barat, pada 1992. Menjabat sebagai Direktur PT Linktone International (Januari 2015 - Maret 2018), Direktur PT Semesta Marga Raya (Juni 2013 - Desember 2015), Direktur PT Trans Jabar Toll (Agustus 2013 - Desember 2015), General Manager PT Marga Mandalasakti (April 2001 - Maret 2013), Project Manager PT Module Intracs Yasatama (April 1997 - April 2001).

Bapak Azis Aribowo tidak memiliki hubungan afiliasi dengan anggota Dewan Komisaris dan anggota Direksi lainnya.

Tugas dan Tanggung Jawab

Berdasarkan Piagam Komite Audit PT MNC Investama Tbk, tugas dan tanggung jawab Komite Audit Perseroan adalah sebagai berikut:

a. Laporan atau Informasi Keuangan

Melakukan penelaahan atas informasi keuangan Perseroan yang akan dikeluarkan Perseroan kepada publik dan/atau pihak otoritas antara lain laporan keuangan, proyeksi keuangan, dan laporan lainnya terkait dengan informasi keuangan Perseroan.

b. Audit Internal

Melakukan penelaahan atas pelaksanaan pemeriksaan oleh auditor internal dan mengawasi pelaksanaan tindak lanjut oleh manajemen/ Direksi atas temuan auditor internal.

c. Audit Eksternal

- Memberikan rekomendasi kepada Dewan Komisaris mengenai penunjukan auditor eksternal yang didasarkan pada independensi, ruang lingkup penugasan, dan fee.

- Memberikan pendapat independen dalam hal terjadi perbedaan pendapat antara manajemen dan auditor eksternal atas jasa yang diberikannya.

d. Manajemen Risiko dan Pengendalian Internal

Melakukan penelaahan terhadap aktivitas pelaksanaan manajemen risiko dan pengendalian internal yang dilakukan oleh manajemen/ Direksi.

e. Peraturan Perundang-Undangan

Melakukan penelaahan atas ketaatan Perseroan terhadap undang-undang dan peraturan yang berhubungan dengan kegiatan Perseroan.

f. Pengaduan

Menelaah pengaduan yang diterima Perseroan berkaitan dengan proses akuntansi dan pelaporan keuangan Perseroan.

g. Benturan Kepentingan

Menelaah dan memberikan saran kepada Dewan Komisaris terkait dengan adanya potensi benturan kepentingan Perseroan.

h. Kerahasiaan

Menjaga kerahasiaan dokumen, data dan informasi Perseroan.


Piagam Komite Audit download disini

Perseroan membentuk Komite Nominasi dan Remunerasi (Komite N&R) untuk membantu Dewan Komisaris melaksanakan fungsi pengawasan dan memastikan pelaksanaan proses pencalonan posisi strategis dalam manajemen dan proses penetapan besaran remunerasi berjalan secara obyektif, efektif dan efisien. Komite N&R memberikan pendapat dan rekomendasi professional kepada Dewan Komisaris terkait penentuan besaran gaji/honorarium, bonus dan tunjangan bagi Dewan Komisaris, Direksi, serta karyawan Perseroan, termasuk struktur, syarat, dan pelaksanaan atas insentif jangka panjang bagi Direksi. Komite N&R juga bertugas memberikan rekomendasi kepada Dewan Komisaris terkait hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan program kepemilikan saham oleh manajemen dan karyawan (MESOP).

Perseroan telah memiliki Komite N&R sesuai dengan Surat Keputusan Dewan Komisaris tanggal 6 September 2018. Saat ini anggota Komite N&R Perseroan berjumlah 3 (tiga) orang yang diketuai oleh seorang Komisaris Independen, dan 2 (dua) anggota Komisaris.

Komposisi Keanggotaan

Anggota Komite N&R memiliki latar belakang pendidikan dan keahlian di bidang ekonomi, keuangan dan sumber daya manusia.

Susunan dan Profil Anggota Komite N&R

Susunan keanggotaan Komite N&R adalah sebagai berikut:

Profil seluruh anggota Komite N&R dapat dilihat pada Profil Dewan Komisaris dalam situs web Perseroan.

Piagam Nominasi & Remunerasi

Komite N&R telah memiliki pedoman kerja yang ditetapkan dalam Piagam Komite N&R, yang telah disahkan tanggal 18 September 2018. Piagam Komite N&R ini antara lain mengatur Tugas dan Tanggung Jawab, Komposisi dan Struktur Keanggotaan, Rapat dan Pelaksanaannya, serta Pengungkapan dan Pelaporan.

Komite Pemantau Risiko dibentuk dalam rangka meningkatkan pelaksanaan tata kelola Perseroan yang baik untuk memastikan pengelolaan risiko oleh Direksi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Perseroan membentuk Komite Pemantau Risiko pada tahun 2017, dimana keanggotaan komite ini diangkat dan diberhentikan oleh Dewan Komisaris. Saat ini beranggotakan 3 (tiga) orang, di mana diketuai oleh seorang Komisaris Independen. Anggota Komite Pemantau Risiko wajib memiliki keahlian di bidang manajemen risiko dan keuangan.

Susunan Anggota Komite Pemantau Risiko
Susunan keanggotaan Komite Pemantau Risiko adalah sebagai berikut:

Profil seluruh anggota Komite Pemantau Risiko dapat dilihat pada Profil Dewan Komisaris dalam website ini.

Piagam Komite Pemantau Risiko

Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab pengawasan, Komite Pemantau Risiko telah dilengkapi dengan pedoman kerja yang ditetapkan dalam Piagam Komite Pemantau Risiko.

Piagam ini ditetapkan tanggal 18 September 2018. Adapun isi piagam ini mengatur tentang Organisasi, Akuntabilitas, Syarat Keanggotaan, Independensi, Tugas dan Tanggung Jawab, Kewenangan, Etika Kerja, Rapat, Risalah Rapat dan Laporan, Tanggung Jawab Pelaporan, serta Masa Jabatan.

Perseroan telah membentuk Komite Tata Kelola Perusahaan yang berfungsi mengkaji dan mengevaluasi pelaksanaan CG di lingkup Perseroan. Komite ini bertanggung jawab langsung di bawah Dewan Komisaris. Dengan demikian, Anggota Komite Tata Kelola Perusahaan diangkat dan diberhentikan oleh Dewan Komisaris.

Perseroan telah memiliki Komite Tata Kelola Perusahaan sesuai dengan Surat Keputusan Dewan Komisaris tanggal 6 September 2018. Saat ini anggota Komite Tata Kelola Perusahaan berjumlah 3 (tiga) orang yang diketuai oleh seorang Komisaris Independen, dan 2 (dua) anggota Dewan Komisaris.

Susunan Anggota Komite Tata Kelola Perusahaan 

Susunan keanggotaan Komite Tata Kelola Perusahaan adalah sebagai berikut:

Profil seluruh anggota Komite Tata Kelola Perusahaan dapat dilihat pada Profil Dewan Komisaris dalam situs web Perseroan.

Piagam Komite Tata Kelola Perusahaan

Komite Tata Kelola Perusahaan telah dilengkapi dengan pedoman kerja yang ditetapkan dalam Piagam Komite Tata Kelola Perusahaan. Piagam Komite Tata Kelola Perusahaan telah disahkan tanggal 18 September 2018.

Adapun isi Piagam Komite Tata Kelola Perusahaan, antara lain mengatur mengenai Tujuan, Akuntabilitas, Struktur Keanggotaan, Masa Jabatan, Tugas dan Tanggung Jawab, Kewenangan, Rapat dan Pelaksanaannya, serta Pelaporan.