ARCHIVE
RECENTS

08 Jul 2019, 17:12 WIB

MNC Vision Networks melakukan Penawaran Umum Saham Perdana, dengan kode saham IPTV

Jakarta, Indonesia – 8 Juli 2019

PT MNC Vision Networks ("IPTV" atau "Perseroan") secara resmi telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham "IPTV". Penawaran umum perdana Perseroan ditetapkan sebesar Rp240 per saham, mewakili 3.522.000.000 saham baru atau 10% dari modal yang dikeluarkan dan disetor Perseroan setelah penawaran umum perdana, dengan valuasi Perseroan pasca penawaran umum sebesar Rp8.450 miliar.

Setiap saham berhak atas satu waran untuk membeli satu lembar saham Perseroan dengan harga Rp288. Pasca IPO, BMTR masih mempertahankan 90% saham pengendali di IPTV, sebelum pelaksanaan waran. Dengan asumsi semua waran dilaksanakan, BMTR akan mengendalikan 80% dari Perseroan.

IPTV bertujuan untuk menggunakan dana yang diperoleh dari penawaran umum untuk pengembangan usaha broadband/IPTV, pengembangan platform OTT Perseroan, termasuk untuk produksi konten original, dan modal kerja.

MVN bergerak dalam bidang TV berbayar, fixed broadband/IPTV, dan layanan konten digital, melalui anak perusahaannya, yaitu PT MNC Sky Vision Tbk (MNC Vision), PT MNC Kabel Mediakom (MNC Play), PT MNC OTT Network (MNC Now), dan PT Nusantara Vision (NV).

MNC Vision merupakan pemimpin pasar dalam bisnis TV berbayar berbasis DTH dengan pangsa pasar lebih dari 90% dan memiliki basis pelanggan sekitar 2,4 juta per 31 Desember 2018. MNC Vision menyasar pelanggan di kota-kota menengah dan kecil. MNC Play berfokus pada penyediaan layanan fixed broadband/IPTV dan merupakan pemain nomor 3 terbesar di Indonesia dengan jumlah pelanggan sebesar 262 ribu pada 31 Desember 2018. Platform OTT Perseroan, MNC Now, berfungsi sebagai nilai tambah untuk pelanggan MNC Vision and MNC Play untuk mendapatkan akses ke acara – acara favorit pelanggan dimana saja dan kapan saja. Jumlah pelanggan terdaftar MNC Now saat ini mendekati 3.000.000, tumbuh pesat sejak peluncuran pertama kali di Februari 2018. Saat ini, MNC Now juga mendapatkan pendapatan dari iklan dan konten video berbayar.

Untuk meningkatkan pertumbuhan MVN, strategi sebagai berikut telah dan akan dijalankan oleh MVN:

  1. Menempuh jalur hukum bagi pihak pembajak yang menggunakan channel dan konten milik MNC Vision dan MNC group tanpa izin.
  2. Memperluas pasar segment menengah ke bawah dengan melakukan akuisisi.
  3. Meluncurkan layanan terintegrasi melalui Set-Top-Box (STB) Android.
  4. Mempercepat pertumbuhan pelanggan MNC Play dengan fokus pada layanan IPTV dan high speed internet.
  5. Memberikan nilai tambah untuk menonton dimana saja dan kapan saja bagi pelanggan MNC Vision dan MNC Play melalui MNC Now.

Komentar dari Ade Tjendra, Direktur Utama IPTV:

“Dengan strategi di atas, Perseroan percaya akan mempertahankan kepemimpinannya di pasar TV Berbayar, IPTV/ fixed broadband dan OTT karena layanan end to end yang mencakup seluruh spektrum layanan TV berbayar konvensional hingga digital dengan konten yang superior.”