ARCHIVE
RECENTS

23 Mar 2019, 06:49 WIB

Digitalisasi MNC Group, Hary Tanoe: MNC Innovation Center Dukung MNC jadi yang Terbaik di Industri 4.0

JAKARTA - MNC Innovation Center mendukung MNC Group menjadi yang terbaik di era industri 4.0.

"MNC Innovation Center ini sangat penting, karena ini sumber dari inovasi bagaimana kita bisa mengembangkan semua unit ke arah digital dengan benar," kata Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, seusai memberikan arahan di acara Town Hall Meeting - Innovation Center dengan Tema "One Fighting Spirit For Success", di MNC Conference Hall, iNews Tower, Jumat 22 Maret 2019.

Hary mengatakan saat ini dunia telah memasuki era industri 4.0. Di era sebelumnya, yaitu 3.0, teknologi menjadi pendukung bisnis konvensional. Namun, di era saat ini teknologi digital sendiri adalah produknya.

Hary menuturkan selain hal teknis, MNC Innovation Center harus mampu mengembangkan business model yang benar, sistem yang benar, reliable, user friendly dan juga kompetitif. "Membangun segala sesuatu itu harus ada visi, road map-nya harus jelas. Tanpa visi tidak akan jalan," tegas Hary.

MNC Innovation Center adalah think-tank yang berperan seperti research and development untuk mendukung semua unit di dalam MNC Group ke arah digital.

Hary memaparkan ada berbagai tahapan yang disesuaikan dengan industrinya. Adapun, produknya sendiri digital, ada pula yang semi digital. "MNC Innovation Center adalah think tank untuk men-support semua unit di MNC Group untuk bisa mengikuti perkembangan zaman now," ungkap Hary.

Di sisi lain, Hary menyoroti pentingnya regulasi yang melindungi kepentingan dalam negeri guna menghadapi industri 4.0. Sebagai contoh, e-commerce menggantikan sektor ritel, dimana banyak perusahaan ritel besar harus gulung tikar, karena tidak bisa bersaing dengan e-commerce. Akibatnya, banyak pemberhentian karyawan dan PHK massal.

Di sisi lain, e-commerce juga bisa menggerus UMKM, sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja di Indonesia. Untuk itu, dibutuhkan regulasi yang tepat sasaran. Sebagai catatan, dengan pertumbuhan penduduk 3 juta - 4 juta per tahun, Indonesia membutuhkan lebih banyak lapangan kerja.

CTO MNC Group & COO MNC Innovation Center Yudi Hamka mengatakan MNC Innovation Center mendapatkan amanah untuk membantu seluruh proses digitalisasi MNC Group.

"Termasuk perkembangan aplikasi, sistem, infrastruktur di MNC Group semua ini kita konsolidasikan, yang kedua kami juga membantu semua unit usaha di dalam MNC Group terkait dengan program-program digitalisasi," ungkapnya

(sal)

 

Sumber : www.okezone.com