ARCHIVE
RECENTS

20 Jun 2019, 14:14 WIB

Kinerja 2018 Cemerlang, MNC Bank Catatkan Laba Bersih Rp57,02 Miliar

JAKARTA, iNews.id – PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) menutup tahun 2018 dengan membukukan laba bersih yang sudah diaudit sebesar Rp57,02 miliar. Capaian ini cukup cemerlang dibandingkan tahun 2017 yang tercatat rugi bersih Rp685 miliar.

Presiden Direktur MNC Bank Mahdan mengatakan, laba ini diperoleh karena saat ini MNC bank sudah memasuki tahap pengembangan bisnis usaha. Pasalnya, pada tahun-tahun sebelumnya MNC Bank masih memperbaiki pondasi bisnis untuk pengembangan jangka panjang setelah mengakuisisi Bank Bumi Putera.

"Untuk 2018 kita punya laba mencapai Rp57 miliar. Itu sangat signifikan naiknya dari tahun lalu yang memang kita rugi ya. Itu merupakan kerja keras semua tim kita, manajemen dan karyawan. Kemudian juga strategi manajemen yang tepat sasaran," ujarnya saat public expose di iNews Tower, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Menurutnya, dalam melanjutkan tahap kedua transformasi, MNC Bank memperkuat fokus untuk meningkatkan jumlah nasabah atau customer base dan nilai transaksi pada segmen konsumer dan UKM, sementara segmen korporasi dan komersial sebagai pendukung.

"Banyak sekali yang kita lakukan di 2018. Penyelesaian kredit bermasalah kita selesaikan dengan bagus dan sangat positif, recovery dari kredit bermasalah bisa kita capai. Kita juga berikan kredit yg berkualitas bagus yg akan turunkan NPL nya kan," ucapnya.

Selanjutnya bank tetap memperkuat sinergi dengan MNC Group dan memperkuat posisi bank di pasar consumer dan retail. Setelah itu, MNC Bank akan fokus pada pertumbuhan bisnis yang berkesinambungan dengan membangun proses bisnis yang lebih efektif dan efisien.

Kinerja yang positif ini ditopang oleh peningkatan pesat dari laba operasional yang mencapai Rp80,20 miliar. Selain itu, instrumen keuangan MNC Bank juga mengalami peningkatan di 2018 seperti total aset menjadi Rp10.855 miliar, total kredit menjadi Rp7.512 miliar, dan ekuitas Rp1.430 miliar. Total simpanan pada 2018 sedikit menurun ke Rp8.470 miliar, namun dengan rasio dana murah yang lebih tinggi.

Kinerja positif pada tahun buku 2018 berlanjut ke kuartal pertama 2019. Hal tersebut ditunjukkan dari kinerja year to date seperti laba bersih Rp3,08 miliar dan laba operasional Rp3,28 miliar. Instrumen keuangan MNC Bank lainnya terus meningkat, mulai dari total aset menjadi Rp10.922 miliar, total kredit menjadi Rp7.641 miliar, total simpanan menjadi Rp 8.580 miliar, dan ekuitas Rp1.440 miliar.

"Momentum kinerja Bank yang terus terjaga ke arah yang positif adalah berkat kerja keras seluruh tim, serta dukungan dari pemegang saham dan sinergi berbagai entitas bisnis di MNC Group. Kinerja yang kami raih saat ini menjadi pemicu semangat kerja agar bisnis dan rentabilitas MNC Bank terus meningkat sepanjang 2019 ini," tutur dia.

 

Sumber : www.inews.id