ARCHIVE
RECENTS

21 Mar 2018, 11:30 WIB

MNC Asset Management Raih Penghargaan untuk Reksa Dana Terbaik 2018

JAKARTA – MNC Asset Management mendapatkan penghargaan untuk produk reksa dana pendapatan tetap. Ini merupakan penghargaan pertama di tahun 2018 atas kinerja MNC Asset Management. Penghargaan tersebut diberikan oleh Majalah Investor bekerja sama dengan lembaga riset PT Infovesta dalam acara Reksa Dana Terbaik 2018.

CEO MNC Asset Management Frery Kojongian mengatakan, penghargaan ini sekaligus menunjukkan bahwa produk reksa dana yang dikeluarkan oleh MNC Asset Management telah teruji. Dengan demikian, investor tidak perlu ragu untuk berinvestasi pada produk-produk reksa dana MNC Asset Management.

“MNC Asset Management ingin mewujudkan apa yang diharapkan oleh para investor. Mereka menghendaki reksa dana yang memberikan hasil investasi yang baik dan juga teruji. Dengan mendapatkan penghargaan ini, kami tentunya telah dipercaya bahwa reksa dana yang kami kelola ini sudah terbukti,” paparnya di Hotel Le-Meridien, Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Frery juga berharap MNC Asset Management akan mendapatkan penghargaan lain, sebagaimana yang didapat tahun lalu. “Tahun lalu kami mendapatkan 10 penghargaan,” kata dia.

Dalam empat tahun terakhir, MNC Asset Management tercatat telah meraih 30 penghargaan dari berbagai institusi keuangan ataupun media. Adapun penghargaan yang diterima oleh MNC Asset Management, yakni MNC Dana Pendapatan Tetap III sebagai Reksa Dana Pendapatan Tetap Terbaik Periode 1 Tahun Aset di Atas Rp500 miliar – Rp1 triliun. Kemudian, MNC Dana Likuid sebagai Reksa Dana Pendapatan Tetap Terbaik Periode 3 Tahun Aset di Atas Rp100 miliar – Rp500 miliar.

Dalam kesempatan yang sama, Pemimpin Redaksi Majalah Investor Primus Dorimulu menjelaskan, reksa dana yang meraih penghargaan, mengacu pada kriteria penilaian. Setidaknya,reksa dana teruji dari sisi ketepatan strategi dan fleksibilitas yang ditempuh manajer investasi. Selain itu, pertumbuhan unit penyertaan (UP) reksa dana memberikan gambaran kepercayaan investor terhadap produk reksa dana bersangkutan.

“Penilaian menggunakan bobot yang sama yaitu 70 persen untuk aspek kinerja dan 30 persen untuk aspek pertumbuhan Unit Penyertaan (UP),” kata Primus.

Berdasarkan berbagai pertimbangan tersebut, tampil 50 reksa dana dari 23 MI yang meraih predikat terbaik. Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Adapun reksa dana yang diperingkat minimal berusia 1 tahun per 30 Desember 2017. Kategori produknya meliputi reksa dana jenis saham, campuran, pendapatan tetap, pasar uang, indeks, atau ETF (Exchange Traded Fund).

Reksa dana tersebut juga harus dalam denominasi Rupiah, dengan pengecualian untuk reksa dana pendapatan tetap. Reksa dana yang diperingkat bukan reksa dana syariah serta tidak membagikan dividen. Selain itu, asset management minimal memiliki dana kelola sebesar Rp25 miliar per 30 Desember 2017. Produk reksa dana yang memenuhi kriteria pemeringkatan sebanyak 443 reksa dana dari 56 manajer investasi.

Seluruh reksa dana tersebut kemudian dikelompokkan berdasarkan jenis reksa dana saham, campuran, pendapatan tetap denominasi rupiah, pendapatan tetap denominasi US Dollar, dan reksa dana pasar uang. Reksa dana indeks dan ETF dikelompokkan dalam kategori saham atau pendapatan tetap sesuai dengan alokasi portofolio dominannya. Reksa dana Indeks dan ETF pasif dimasukkan pada kelompok tersendiri.

Periode penilaian, terdiri dari empat kategori, yaitu 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun, dan 10 tahun khusus untuk jenis saham. Untuk kelas Asset Under Management (AUM), terdiri dari empat kategori, yaitu Rp10 miliar – Rp100 miliar, Rp100 miliar – Rp500 miliar, Rp500 miliar – Rp1 triliun, serta di atas Rp1 triliun. 

AUM dilihat berdasarkan posisi per akhir Desember 2017. Apabila dalam satu kelompok terdapat kurang dari lima reksa dana, maka akan digabungkan ke kelompok di atas atau di bawahnya. Kategori ini tidak berlaku bagi reksa dana jenis pendapatan tetap berdenominasi USD dan reksa dana jenis campuran.

 

Sumber: www.inews.id