ARCHIVE
RECENTS

03 Sep 2018, 10:31 WIB

MNC Sekuritas Bersama STEBI Global Mulia Cikarang Gelar Edukasi Pasar Modal Syariah

CIKARANG – Pemuda memegang peranan penting dalam pembangunan nasional, termasuk dalam hal perekonomian bangsa.

Menyadari pentingnya peranan tersebut, PT MNC Sekuritas berperan serta dalam membangun wawasan para pemuda mengenai investasi syariah melalui acara seminar “Studium Generale dan Ikrar Pemuda Indonesia” di Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBI) Global Mulia Cikarang, Sabtu 1 September 2018.

Acara seminar yang dibuka oleh Ketua STEBI Global Mulia Cikarang Teguh Wibowo tersebut dihadiri oleh 300 orang dari kalangan mahasiswa dan tokoh masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, Sharia Business & Development MNC Sekuritas Sutrisna Amijaya menyampaikan Seminar Wawasan Investasi Saham Syariah.

Sharia Business & Development MNC Sekuritas Sutrisna Amijaya menyatakan edukasi pasar modal syariah sangat penting untuk memperkenalkan bahwa pasar modal bukan hanya yang konvensional, tapi juga ada yang berbasis syariah.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, hingga Juli 2018 lalu, jumlah investor saham syariah sudah mencapai 34.297 investor. Sementara pada akhir 2017 silam, jumlahnya sebanyak 23.207 investor. Jadi, dalam kurun waktu enam bulan, jumlah investor syariah naik hampir 50%. Tentu saja pertumbuhan tersebut didukung dengan kegiatan edukasi yang dilakukan secara berkesinambungan.

“Pasar modal syariah dapat menjadi pilihan bagi calon investor yang menginginkan produk investasi menguntungkan berbasis syariah. Investor dapat berinvestasi pada saham-saham syariah yang telah diseleksi sedemikian rupa sehingga sesuai dengan prinsip syariah,” jelas Sutrisna dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (3/9/2018).

Kriteria saham syariah di antaranya kegiatan utama perusahaan tidak boleh bertentangan dengan prinsip syariah, seperti perjudian, perdagangan yang dilarang, jasa keuangan ribawi, jual beli risiko. Tidak hanya itu, perusahaan harus memenuhi aturan rasio keuangan yang telah ditetapkan, misalnya rasio utang berbasis bunga terhadap total aset, serta rasio pendapatan tidak halal terhadap total pendapatan perusahaan.

Sutrisna juga menjelaskan mengenai kemudahan yang ditawarkan dalam investasi saham syariah. Generasi milenial yang cenderung mengedepankan cara yang praktis dalam berinvestasi semakin terbantu dengan adanya sistem perdagangan saham syariah MNC Trade Syariah.

“Cukup dengan satu aplikasi, transaksi jual dan beli saham syariah ada dalam genggaman, dan tentunya dapat dilakukan secara real-time,” kata Sutrisna.

MNC Trade Syariah telah mendapatkan sertifikasi dari Dewan Syariah Nasional MUI dengan No 004.41.02/DSN-MUI/V/2016. Aplikasi unggulan MNC Sekuritas tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur transaksi saham yang hanya dapat dipergunakan untuk berinvestasi atas saham dalam Daftar Efek Syariah (DES).

Nasabah juga hanya dapat berinvestasi sesuai dengan dana yang dimiliki, sehingga tidak mengandung riba. Fitur-fitur lainnya seperti riset, grafik saham, dan data fundamental juga membantu nasabah dalam membuat keputusan investasi, tutupnya.

 

Sumber: www.okezone.com