ARCHIVE
RECENTS

15 Oct 2018, 14:59 WIB

MNC Sekuritas: Galeri Investasi Dorong Kebiasaan Berinvestasi

JAKARTA - Penyebaran informasi edukasi pasar modal di Indonesia selama ini masih banyak terpusat di wilayah Indonesia barat. Sementara itu, informasi mengenai investasi saham selayaknya dapat diakses oleh seluruh masyarakat, termasuk di kawasan Indonesia tengah dan timur, salah satunya di kota Bitung, Sulawesi Utara.

Sebagai bentuk komitmen dalam memberikan edukasi mengenai investasi saham kepada masyarakat setempat, Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban membuka perdagangan saham hari ini di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (15/10/2018).

Penekanan layar sentuh perdagangan saham di BEI ini dilakukan oleh Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung, didampingi oleh istri Wakil Walikota Bitung Rita Mantiri Tangkudung, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Inarno Djayadi, dan Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina.

Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina menjelaskan, Galeri Investasi BEI Kecamatan Maesa Kota Bitung dan Galeri Investasi BEI Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Bitung diresmikan oleh BEI dan MNC Sekuritas pada bulan April 2018 lalu.

“Kedua Galeri Investasi ini merupakan contoh bahwa komunitas terkecil dalam masyarakat yaitu keluarga dan kecamatan punya peranan penting dalam membentuk kebiasaan berinvestasi masyarakat,” kata Susy.

Galeri Investasi BEI Kecamatan Maesa Kota Bitung merupakan Galeri Investasi kecamatan yang pertama di Indonesia. Meskipun masih tergolong baru, Galeri Investasi tersebut diharapkan mampu mengakselerasi jumlah investor di kota Bitung.

Jumlah investor di kota Bitung telah mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun. Jika dibandingkan dengan tahun 2017 lalu, jumlah investor kota Bitung telah mengalami peningkatan hampir 80 persen menjadi 749 orang per Agustus 2018. Peningkatan tersebut sangat signifikan dalam 5 tahun terakhir. Jumlah investor kota Bitung tercatat sebanyak 81 orang saja pada tahun 2013.

Kehadiran sosok pemimpin wanita di daerah setempat, yaitu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung dan istri Wakil Walikota Bitung Rita Mantiri Tangkudung, juga diharapkan mampu memberikan contoh bagi kalangan wanita, khususnya ibu-ibu di Kota Bitung, untuk lebih bijak dalam mengelola keuangan keluarga melalui tabungan saham.

Tim Penggerak PKK Kota Bitung secara proaktif menggelar seminar dan pelatihan tentang menabung saham kepada para anggotanya. Juga dilakukan sosialisasi tentang keuntungan dan cara menabung saham, yang ternyata mudah dan praktis.

 

Sumber: www.iNews.id